Sabtu, 24 September 2011

Kenpa Kita Bisa Melihat Benda Dengan Jelas Saat Menyipitkan Mata ?


Orang-orang yang penglihatannya kurang baik punya kebiasaan menyipitkan mata untuk melihat benda atau pemandangan yang jaraknya jauh. Kadang ini membuat mereka terlihat keren seperti seniman impresionis, tetapi kalau terlalu sering menyipitkan mata seperti itu mungkin bisa membuat banyak kerutan di dahi. Tetapi kebiasaan ini muncul karena alasan kuat.

Di dalam mata kita terdapat benda yang disebut “lensa kristal”. Lensa kristal berfungsi seperti lensa pada kamera. Lensa ini membelokkan sinar yang masuk ke mata dan menyampaikan citra benda tersebut ke atas retina. Penglihatan seseorang kurang baik karena citra benda tidak bisa disampaikan dengan baik ke retina, sehingga mata tidak bisa melihat benda itu dengan jelas. Tetapi bila kita menyipitkan mata, sinar yang tidak diperlukan dapat dikurangi. Selain itu, ini juga bisa sedikit mengubah sudut yang membelokkan sinar. Karena itulah mereka lebih mungkin melihat suatu benda dengan lebih jelas.
Dengan kata lain, saat menyipitkan mata suatu benda bisa terlihat lebih jelas karena jumlah sinar yang tidak diperlukan dapat dikurangi dan sudut sinar yang masuk ke mata untuk sesaat bisa diubah dan dibelokkan. Lensa pada kacamata pun mempunyai fungsi yang sama. Kalau kita melihat melalui kertas yang dilubangi atau lubang kecil, benda yang terlihat jadi lebih jelas juga karena prinsip yang sama. Tetapi ini hanyalah fenomena sesaat karena mata kita bisa jadi lebih baik meskipun disipitkan.

0 komentar

Poskan Komentar